Lima Kementerian Bergerak Cepat Masuk Donggala Dan Palu

Bencana gempa yang disusul tsunami selain menimbulkan ribuan korban tewas juga meluluhlantahkan berbagai infrastruktur dan alat komunikasi di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah. Pemerintah-pun bergerak cepat dengan menyusun berbagai skema evakuasi dan melakukan perbaikan darurat infrastrukturnya untuk memudahkan proses evakuasi. Dalah satunya dengan langsung menunjuk lima kementerian terkait untuk bergerak cepat masuk Donggala dan Palu Sulawesi Tengah. Sebagaimana dirilis Kompas, Pemerintah secara langsung menerjunkan lima kementeriannya untuk segera masuk ke Sulawesi Tengah. Diantaranya;

1. Kementerian Kominfo

Gempa dan tsunami memutuskan sebagian besar pasokan listrik dan jaringan komunikasi di hampir seluruh operator. Untuk mempercepat koordinasi saat melaksanakan evakuasi serta komunikasi masyarakat, pelayanan pengadaan telepon satelit menjadi perhatian utama Kementerian kominfo.

2. Kementerian Perhubungan

Kementerian Perhubunganjuga menyatakan tanggap bencana Sulawesi tengah. Melalui akun twiiternya @kemenhub151, Kemenhub membentuk posko Quick Response Team (QRT) di lokasi bencana dan di Kantor Pusat Kemenhub.

3. Kementerian Sosial

Melalui akun twitternya @KemensosRI, Kementerian Sosial juga memberikan langkap tanggap bencana. Pihak kementerian memberikan bantuan logistik berupa, velbed, Tenda serbaguna keluarga, tenda gulung, tenda serbaguna, peralatan dapur dan sembako untuk menunjang kegiatan sehari-hari . Pihak Kemensos juga melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah untuk menyiapkan pengerahan Tagana (Taruna Siaga Bencana). Salah satunya adalah mendirikan enam dapur umum untuk pengungsi.

4. Kementerian Kesehatan

Kementererian Kesehatan memberikan bantuan kesehatan untuk korban bencana di wilayah Palu dan Donggala. Melalui akun Twitter @KemenkesRI, pihak kementerian telah memberangkatkan beberapa tenaga kesehatan. Mereka berangkat secara bertahap dari hari jumat (28/9/2018) sampai Minggu (30/9/2018).

5. Kementerian BUMN

Kementerian BUMN juga memberikan bantuannya kepada korban bencana. Melalui akun twiiternya @KemenBUMN, Sebanyak 125 personel tim gabungan PLN Sulawesi telah tiba di Palu, Sulawesi Tengah. Kedatangan tim ini adalah tahap pertama dari sejumlah Tim PLN yg akan bergabung di Palu untuk membantu upaya percepatan recovery pasokan listrik. Selain itu, melalui Pertamina terus mengupayakan pelayanan BBM khususnya solar di Rumah Sakit, PLN dan Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD), pasca-bencana alam gempa bumi dan tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah. (*)