Pusat Logistik Berikat Milik PT KBN Persero Sangat Diminati

Pusat Logistik Berikat (PLB) milik PT. Kawasan Berikat Nusantara (Persero) sangat diminati pelanggan. Hal ini terbukti, okupansi di PLB Marunda mencatatkan okupansi mencapai 100 persen. Bahkan PLB terbaru di Cakung yang baru saja diperasionalkan telah memiliki pelanggan tersendiri yang akan menggunakakan fasilitas PLB baru tersebut.

Direktur Pengembangan PT KBN (Persero) Rahayu Ahmad Juanidi mengatakan Perseroan secara resmi telah mengoperasionalkan PLB Cakung untuk mengakomodir tingginya kebutuhan permintaan pergudangan. PLB Cakung dibangun dengan 2 gudang diatas lahan seluas 1 hektar di Kawasan Cakung, Jakarta Utara. Dihadirkannya PLB baru di Cakung ini sebagai jawaban atas tingginya minat atas pergudangan menyusul telah penuhnya PLB di atas lahan 2,5 hektar Kawasan Marunda, Jakarta Utara.

Menurut Didi, karakteristik Jakarta Utara sebagai pusat industri dan pelabuhan memiliki tingkat kebutuhan perudangan yang cukup tinggi. Terlebih penuhnya PLB Maruda telah memiliki okupansi 100 persen, sehingga tidak memungkinkan untuk pelanggan lainnya memanfaatkan PLB Marunda. .

“PLB di Marunda memiliki okupansi 100 persen. Sementara permintaan masih sangat tinggi, untuk itu, kita merespon atas tingginya permintaan pergudangan dengan membuka PLB Cakung diatas lahan 1 hektar. Dan saat ini sudah ada dua perusahaan yang akan menggunakan lahan PLB Cakung,” kata Didi, sapaan akrab Rahayu Ahmad Juanidi di Jakarta, 26 Oktober 2018.

Sementara, staf PLB PT KBN Sendy mengatakan, hingga saat ini sudah ada dua perusahaan yang akan menggunakan lahan PLB di Cakung. Kedua perusahaan ini akan menggunakan pergudangan ini untuk menyimpan barang mulai dari elektronik hingga bahan baku pendukung industri. ”Doakan penandatanganan kerja sama bisa terealisasi dalam satu atau dua pekan ke depan,” kata Sendy.  

Sendy menjelaskan, Pusat Logistik Berikat (PLB) milik PT KBN Persero merupakan tempat penimbunan barang asal luar daerah Pabean dan/atau barang yang berasal dari tempat lain dalam daerah Pabean dalam jangka waktu tertentu, serta dapat disertai satu atau lebih kegiatan sederhana.

Keunggulan PLB dibanding pergudangan lainnya adalah penangguhan bea masuk dan pajak saat barang masuk, fleksibilitas masa timbun barang hingga 3 tahun, fleksibilitas kepemilikan barang, kecepatan layanan berbasis IT dan warehouse Management System dan nilai Pabean digunakan saat pengeluaran barang dari PLB PT KBN (Persero).

“Pelayanan yang apa pada kami di PLB diantaranya, pelayanan Stripping & Struffing, Warehousing, Inventory Control, Trucking dan 24 Hours Security,” pungkas Sendy.