KBN Siap Bela Negara

PT. Kawasan Berikat Nusantara (Persero) menggelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara di halaman kantor pusat KBN, Cakung, Jakarta, pada Rabu, 19 Desember 2018. Upacara yang dipimpin langsung oleh Direktur Utama KBN, H.M. Sattar Taba itu dihadiri jajaran Direksi, Kepala Divisi dan karyawan Perseroan.

Dalam kesempatan itu, Sattar Taba menyampaikan sambutan Presiden Jokowi. Dalam sambutan tersebut, Kepala Negara menyampaikan pesan bahwa anak muda harus diberi ruang untuk mengekspresikan diri dan berinovasi dalam bela negara.

Presiden Jokowi juga mengajak semua elemen menunjukan bela negara dalam berbagai bidang. Presiden menegaskan, Bela Negara tidak dapat hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, namun harus dilakukan secara bersama-sama oleh segenap elemen bangsa.

Pasalnya, bela negara merupakan wadah peran dan kontribusi segenap komponen masyarakat, termasuk dunia usaha, dunia pendidikan, media, hingga tokoh pemuda dan tokoh agama, untuk memberikan sumbangsih kepada negara melebihi panggilan tugas yang menjadi tanggung jawabnya.

“Saya menyaksikan banyak aparat TNI dan Polri, juga para aktivis sosial dan para birokrat yang bekerja di daerah-daerah di pelosok nusantara yang bekerja melampaui tugas yang diberikan. Banyak di antara mereka yang mengajar walaupun mereka bukan guru, yang mengajak masyarakat untuk hidup sehat walaupun mereka bukan pegawai kesehatan. Inilah sebuah bentuk dari bela negara yang patut kita apresiasi,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden menekankan, tugas bela negara bukanlah tugas yang ringan seiring dengan makin kompleksnya tantangan yang dihadapi. Teknologi transportasi dan teknologi komunikasi memang mempermudah kehidupan manusia Indonesia. Namun pada saat yang sama juga memudahkan masuknya pengaruh budaya dan ideologi yang belum tentu sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa.

“Interaksi antarbangsa dan antarbudaya ini menuntut kita untuk membuka diri berdialog dengan bangsa lain, tetapi harus berpegang teguh pada kepentingan bangsa Indonesia,” jelasnya.

Ditegaskan, kesadaran bela negara harus tertanam dalam jiwa dan raga warga negara Indonesia sejak dini melalui pendidikan serta aksi nasional bela negara di berbagai bidang. Diperlukan cara-cara yang inovatif serta adaptif dengan perkembangan zaman agar generasi muda mendapatkan ruang untuk mengekspresikan kecintaannya pada Tanah Air.

Pada momentum Hari Bela Negara ini, pihaknya mengajak segenap komponen masyarakat untuk mensyukuri keberagaman ratusan suku bangsa, bahasa, adat istiadat, agama, dan kepercayaan di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Tidak ada negeri yang seberagam dan sekaligus sebersatu negeri kita ini. Oleh sebab itu, saya mengajak semua elemen bangsa untuk mewujudkan rasa syukur atas anugerah kemerdekaan dan persatuan serta kesatuan kita dengan Aksi Nasional Bela Negara di berbagai bidang,” pungkasnya. (*)