Mayjen TNI (Purn.) Yuniar Ludfi Diangkat Menjadi Komisaris KBN

PT. Kawasan Berikat Nusantara (Persero) memiliki Komisaris baru, yaitu Mayor Jenderal TNI (Purn.) Marinir Yuniar Ludfi. Dengan kehadiran seorang Komisaris baru, PT. KBN (Persero) kini sudah lengkap memiliki empat orang Komisaris.

Sebelumnya, Dewan Komisaris KBN memang belum lengkap karena hanya diisi tiga orang. Mereka adalah Irjen Pol. (P) Drs. Ngadino SH., MM, sebagai Komisaris Utama, Prof. DR. H. Ermaya Suradinata SH., MH., MSi, sebagai Komisaris, dan Dr. H. Adjat Sudradjat, SH., MM., selaku Komisaris.

PT. KBN (Persero) menggelar acara pengenalan perusahaan kepada Komisaris, Mayjen TNI (Purn.) Yuniar Ludfi di Ballroom KBN, Cakung, Jakarta, 29 September 2020. Acara pengenalan ini dihadiri unsur pimpinan perusahaan secara terbatas sesuai dengan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Direktur Utama PT. KBN (Persero) HM. Sattar Taba menyambut baik bergabungnya Mayjen TNI (Purn.) Yuniar Ludfi di level top pimpinan perusahaan BUMN yang mengelola Kawasan Industri di Jakarta Utara itu. Dia yakin kehadiran Mayjen TNI (Purn.) Yuniar Ludfi bisa memperkuat perusahaan dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan oleh pemegang saham yaitu Kementerian BUMN dan Pemprov DKI Jakarta.

”Selamat datang Bapak Mayjen TNI (Purn.) Yuniar Ludfi di PT KBN (Persero). Perusahaan ini sangat membutuhkan sosok seperti bapak,” kata HM. Sattar Taba.

Sebelum pensiun, Mayjen TNI Yuniar Ludfi menjabat sebagai Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL). Aspotmar KASAL bertugas membantu KASAL dalam menyelenggarakan fungsi Staf Umum Angkatan Laut di bidang Binpotmar yang meliputi perencanaan program dan anggaran, pembinaan kemampuan Potmar, pembinaan ketahanan wilayah, pembinaan komunikasi sosial, pembinaan bakti TNI Angkatan Laut dan pembinaan perbatasan laut/pulau-pulau kecil terluar dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan laut (Dawilhanla) guna menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi (RAK) Juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan negara aspek laut.

Beliau menyerahkan jabatan tersebut kepada Kepala Staf TNI Agkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono dalam rangka pensiun pada 30 Juni 2020. Perwira tinggi TNI kelahiran Malang, 30 Juni 1962 ini lulus Akademi Angkatan Laut pada tahun 1986. Kemudian lulus Diksespa Marinir tahun 1989.

Kini, ada tiga orang jenderal di pucuk pimpinan PT. KBN (Persero), Yaitu Komisaris Utama Irjen Pol. (P) Drs. Ngadino SH., MM, Komisaris Mayjen TNI (Purn.) Marinir Yuniar Ludfi, dan Brigjen Pol. (P) Erry TB Gultom yang memimpin Divisi Keamanan. (*)