Daftar CPNS 2023 Dibuka, Update Terbaru Menpan RB Cek di Sini

Mohon dicek, daftar CPNS 2023 dibuka sebentar lagi. Ada update terbaru Menpan RB Abdullah Azwar Anas yang bisa dicek. instagram/@pknstan

KILASJAKARTA.COM - Pengumuman untuk semuanya, daftar CPNS 2023 dibuka sebentar lagi. Ada update terbaru Menpan RB Abdullah Azwar Anas yang bisa dicek di sini.

Yang penasaran, silakan pantau terus update terbaru Menpan RB. Infonya bisa terus disimak dari berbagai angle. Dan semuanya mengarah ke daftar CPNS 2023 dibuka. Ingat, waktunya sebentar lagi.

Segera cek kata kuncinya. Daftar CPNS 2023 dibuka. Ada banyak update terbaru Menpan RB Abdullah Azwar Anas yang bisa dicek. Semua bisa disimak secara real time. 

Bahan pertama, ada 1 juta formasi yang akan dibuka. Semua dibuka untuk memenuhi kebutuhan ASN 2023. Itu termasuk seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Terbaru jadwal CPNS 2023, formasi CPNS 2023 diumumkan saat pembukaan pendaftaran tes di link SSCASN.

Formasi CPNS 2023 ini banyak dicari. Kata kuncinya banyak diklik. Browsing-nya banyak. Info yang beredar di lapangan, penerimaan CPNS 2023 dijadwalkan dibuka Juni 2023.

Ada banyak yang penasaran. Ada banyak yang ingin tahu. Rincian kebutuhan formasi CPNS 2023 menjadi basic need. Semua dipantau agar tak keliru.

Catat besar-besar infonya. Pemerintah membuka pendaftaran CPNS 2023 untuk masyarakat umum. Formasinya ada. Dan bidikannya tak hanya yang berasal dari jalur sekolah kedinasan.

Benang merahnya, ada formasi yang dbutuhkan. Tapi jumlahnya terbatas. Bidang dan jurusannya juga punya kuota.  

Ada batasan. Semua disesunaikan dengan kebutuhan dan anggaran. Ingat, semuanya juga berlaku pada pendaftaran PPPK 2023 yang hanya dibuka bagi tenaga honorer yang sebelumnya tidak lulus seleksi pada 2022.

Pertanyaan besarnya, jabatan CPNS apa saja yang akan dibuka pemerintah pada 2023?

Silakan cek kebutuhan CPNS 2023. Semuanya tertusang dalam Surat Edaran MenPAN-RB Nomor: B/521/M.SM.01.OO/2023, yang dikeluarkan 14 Maret 2023.

Surat ini ditandatangani Menpan RB Abdullah Azwar Anas. Penjelasannya ada.  Dan semuanya sangat terkait dengan perekrutan ASN, termasuk CPNS dan PPPK 2023.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kemenpan-RB Alex Denni memberi bocoran perihal jadwal pendaftaran CPNS 2023 akan dibuka.

Dari penuturannya, Pemerintah berencana mengumumkan rekrutmen ASN 2023 pada Juni akhir atau paling lambat awal Juli 2023.

"Insya Allah Juni akhir, paling lambat Juli kita bisa melakukan pembukaan rekrutmen ASN 2023. Informasi resmi dilihat saja di publikasi situs resmi Kemenpan-RB dan BKN," kata Alex, Kamis (6/4/2023).

Selain itu, Alex juga meminta masyarakat untuk memantau informasi resmi dari situs Kemenpan-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Pesan kuatnya, jangan mudah percaya informasi rekrutmen ASN 2023 di media sosial jika bukan dari situs resmi dan terpercaya.

Yang ingin registrasi, ini cara daftar CPNS 2023 di SSCASN BKN

1. Masuk ke situs sscasn.bkn.go.id

2. Klik registrasi

3. Masukkan data pribadi:

- Nomor KK

- NIK

- Nama lengkap

- Tempat tanggal lahir

- Email

- Jenis kelamin

- Password

- Nomor HP

- Pertanyaan dan jawaban pengaman

4. Unggah scan KTP dan Swafoto

5. Masukkan kode CAPTCHA

6. Submit

7. Masuk kembali ke LINK INI

8. Lengkapi data pribadi yang masih kosong

9. Pilih jenis formasi

10. Upload dokumen dan cek resume

11. Cetak kartu informasi dan kartu pendaftaran akun.

Yang masih bingung, silakan cek sejumlah tips dan strategi yang bisa membantu dalam mengikuti seleksi CPNS 2023.

1. Tingkatkan kemampuan bahasa Inggris

Jangan diremehkan! Bahasa Inggris menjadi salah satu syarat wajib dalam seleksi CPNS. Tingkatkan kemampuan bahasa Inggris. Perbanyak membaca dan mendengarkan berita dalam bahasa Inggris. Praktikkan kemampuan speaking dengan berbicara dalam bahasa Inggris.

2. Persiapkan diri sejak dini

Baca buku-buku dan bahan-bahan terkait pemerintahan, hukum, dan administrasi. Pelajari materi yang terkait dengan bidang yang diinginkan. Ini bisa sangat membantu dalam menghadapi tes pengetahuan umum dan tes kompetensi bidang.

3. Baca dan pahami petunjuk tes

Sebelum mengikuti tes, pastikan membaca dan memahami petunjuk tes dengan baik. Perhatikan waktu yang diberikan dan jenis soal yang akan dihadapi. Jangan terburu-buru dalam menjawab soal. Baca dan pahami dengan baik setiap soal yang diberikan.

4. Lakukan persiapan fisik dan mental

Seleksi CPNS bukan hanya menguji pengetahuan dan kemampuan akademik. Ada juga uji kemampuan fisik dan mental. Rajinlah olahraga. Jangan lupa istirahat cukup.

5. Berlatih soal

Berlatih soal menjadi salah satu cara terbaik untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti seleksi CPNS 2023. Carilah buku-buku atau latihan soal CPNS. Silakan jajal selesaikan soal-soal tersebut. Ini bisa membantu memahami jenis-jenis soal yang akan dihadapi dan meningkatkan kemampuan menjawab soal.

6. Tetap tenang dan percaya diri

Selama mengikuti tes, tetap tenang dan percaya diri. Jangan terlalu khawatir dengan hasil tes atau dibuat stres dengan soal yang sulit. Tetap fokus dan berusaha sebaik mungkin untuk menjawab setiap soal yang diberikan.

7. Persiapkan diri dengan baik saat ujian

Pastikan datang tepat waktu dan membawa dokumen-dokumen yang diperlukan. Jangan lupa kartu peserta, identitas diri, dan alat tulis. Bawa juga bekal makanan dan minuman agar tidak mudah lelah saat mengikuti tes.Pendaftaran CPNS 2023 Dibuka Juni di SSCASN.

Demikian info seputar daftar CPNS 2023 dibuka dan update terbaru Menpan RB. Waktunya tak lama lagi. Semoga bermanfaat. (*)