Akses Rapor Pendidikan 2.0 PAUD-SMA dengan Jurus Ini, Guru Wajib Baca

Kemendikbudristek luncurkan Platform Rapor Pendidikan terbaru, yakni versi 2.0 semakin lengkap dan sempurna. Dok. Direktorat SMP Kemdikbud

KILASJAKARTA.COM - Ada yang sudah tahu cara akses rapor pendidikan 2.0 PAUD-SMA? Jangan sampai ketinggalan. Guru wajib baca.

Untuk diketahui, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) baru merilis platform Rapor Pendidikan 2.0. Caranya wajib disimak. Dan guru wajib tahu.

Jangan sampai lupa kata kuncinya. Ada akses rapor pendidikan 2.0 PAUD-SMA yang wajib disimak. Jangan sampai ketinggalan. Guru wajib baca.

Perilisan secara resmi dilakukan Menteri Nadiem Makarim, Rabu (10/5/2023).Inilah platform Rapor Pendidikan merupakan laporan hasil evaluasi layanan pendidikan sebagai penyempurnaan dari Rapor Mutu yang disusun instrumen dan proses evaluasi, berfokus pada hasil belajar peserta didik.

Rapor Pendidikan dapat dijadikan sebagai gambaran mutu pendidikan, perencanaan berbasis data, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan baik untuk satuan pendidikan kabupaten/kota, provinsi, atau pusat.

Menteri Nadiem mengatakan bahwa Rapor Pendidikan kini dapat diakses kepala satuan pendidikan, pendidik, tenaga kependidikan, hingga operator. Sehingga, perluasan akses saat ini menjadi kesempatan untuk banyak pihak ikut serta dalam pembenahan pembelajaran di satuan pendidikan.

"Kini kepala satuan pendidikan, pendidik, tenaga kependidikan, dan operator sekolah dapat mengambil peran dalam memahami kondisi satuan pendidikan masing-masing dan menentukan prioritas pembenahan bersama," ucap Menteri Nadiem.

Statemen ini dikutip dalam acara Perilisan Rapor Pendidikan 2.0 yang disiarkan melalui YouTube Kemdikbud RI, dikutip Rabu (10/5/2023).

Pada Rapor Pendidikan 2.0 ini, pendidik sudah mulai bisa mengakses platform. Bagaimana cara menggunakannya? Mengutip buku Panduan Penggunaan Platform Rapor Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data yang diterbitkan oleh Kemendikbudristek, berikut cara-cara menggunakannya.

Cara Akses Rapor Pendidikan PAUD

1.Pastikan komputer atau handphone untuk mengakses Rapor Pendidikan terhubung dengan koneksi internet

2. Buka laman raporpendidikan.kemdikbud.go.id

3. Klik 'Lihat Hasil Satuan Pendidikan/Dinas Anda' untuk masuk ke Rapor Pendidikan menggunakan akun belajar.i

4. Pilih Akun belajar.id dengan alamat email berakhiran @admin.paud.belajar.id, @guru.paud.belajar.id

5. Klik 'Berikutnya'

6. Masukkan kata sandi pengguna

7. Klik 'Berikutnya'

8. Pengguna dapat mengakses Rapor Pendidikan sesuai kebutuhan seperti mengunduh hasil rapor dan lainnya

Cara Akses Rapor Pendidikan SD/SMP/SMA

1. Pastikan komputer atau handphone untuk mengakses Rapor Pendidikan terhubung dengan koneksi internet

2. Buka LAMAN INI

3. Klik Lihat Hasil Satuan Pendidikan/Dinas untuk login/masuk platform Rapor Pendidikan dengan menggunakan Akun belajar.id

4. Pilih Akun belajar.id dengan alamat email berakhiran @dinas.belajar.id, @admin.jenjang.belajar.id atau @guru.jenjang.belajar.id.

5. Klik Berikutnya

6. Masukkan kata sandi Anda

7. Klik Berikutnya

8. Pengguna dapat mengakses Rapor Pendidikan sesuai kebutuhan seperti mengunduh hasil rapor dan lainnya.

Demikian info seputar cara akses rapor pendidikan 2.0 PAUD-SMA. Guru wajib baca. Semoga bermanfaat. (*)