Adli Aiman Najib, Siswa Kelas 3 SD Peraih Medali Emas Atletik Championship 2023

Rasa bangga terpancar dari wajah orangtua Adli Aiman Najib tatkala putranya berhasil meraih gelar juara dan memboyong medali emas dalam lomba lari Sirkuit Atletik Championship 2023. Adli yang kini masih berusia 8 tahun mengikuti nomor 60 meter untuk tingkat Sekolah Dasar (SD). Kejuaraan ini digelar di Lintasan Atletik Indomilk Arena, Tangerang, pada 24 Januari 2023.
________________ 

”Medali emas ini merupakan medali pertama buat Adli. Dia baru pertama kali mengikuti kejuaraan,” kata Imran, ayah Adli Aiman Najib. 

Warga Graha Siena 1, Perumahan Citra Raya Tangerang ini menjadi juara setelah mengalahkan ratusan peserta lainnya yang datang dari berbagai kota. Selain dari Provinsi Banten, peserta datang dari DKI Jakarta, Kawarang, Bogor dan sekitarnya. 

Imran menuturkan, ia dan keluarga kaget juga ketika Adli berhasil memboyong medali emas. Ia tidak menyangka anaknya menjadi juara karena daftar kejuaraan ini pun sebetulnya berawal dari coba-coba dan tidak menaruh ekspektasi tinggi karena usia Adli yang belum genap 9 tahun. Namun di luar ekspektasi ternyata kemampuan lari Adli melampaui batas usianya. 

“Adli kan baru usia delapan tahun setengah, masih kelas 3 SD. Terus kata pelatihnya coba-coba saja ikut kejuaraan supaya tahun depan Adli sudah matang dan mengenal arena. Atas dasar dorongan dari pelatih inilah saya mendaftarkan Adli ikut kejuaraan,” tutur Imran.

Sebelumnya Adli sempat mengikuti kegiatan lari jarak 5 KM pada 9 Desember 2022 lalu dalam rangka HUT Citra Raya yang yang ke 28. Pada ajang tersebut Adli berhasil masuk nominasi finisher peserta termuda. Rencananya nanti pada tanggal 12 Februari 2023 Adli akan mengikuti lomba lari dalam rangka HUT Paspampres di Jakarta.

Peran Orang Tua 
Prestasi Adli tentu saja bukan kebetulan dan keberuntungan semata. Bakatnya terasah berkat kerja keras dan latihan disiplin yang diajarkan oleh ayahnya. Imran adalah seorang anggota TNI yang bertugas di Paspampres. Ia menuturkan, peran orang tua sangat penting dalam membentuk karakter anak dan mendorong anak mengeksistensikan minat dan bakatnya hingga mengantarkannya pada arena kejuaraan.

Adli memang sudah dilatih dan digembleng di bidang atletik. Ia rutin latihan di bawah bimbingan ayahnya, meskipun belum rutin mengikuti kejuaraan. Imran menemukan bakat lari pada Adli ketika rutin mengajak anaknya itu lari pagi. Kemudian ia rutin memberikan tantangan pada Adli. Mulai dari lari 2 km, naik lagi menjadi 3 km, 4 km, dan kini sudah 5 km dan Adli mampu melaluinya.

“Hingga akhirnya ada salah satu teman saya menyarankan agar Adli dibina oleh KONI Kabupaten Tangerang. Nah dari situ saya antarkan dia ke KONI Kabupaten Tangerang dan diterima dengan baik. Akhirnya Adli dibina dan dilatih langsung oleh KONI Kabupaten Tangerang agar bakatnya semakin terasah dan terarah,” cerita Imran.

Ia bercerita tidak mudah mengarahkan anak pada atletik. Karena Adli memiliki bakat di bidang itu secara perlahan ia dan istri menanamkan kecintaan terhadap atletik pada Adli. Setelah dia cinta terhadap atletik kemudian Imran pun memberikan dukungan sepenuhnya dengan memfasilitasi Adli mengembangkan bakatnya.

“Selain Adli berlatih di KONI Kabupaten Tangerang, kami juga di rumah melatihnya dengan intens. Hal tersebut sebagai upaya agar cita-cita Adli yang ingin menjadi atlet nasional dapat terwujud. Sebagai orang tua kami akan mendukung sepenuhnya cita-cita anak kami,” tandasnya.

Di waktu yang sama, Rizal Hardiansyah, S.Pd., Guru Olahraga SDN Mekar Bakti Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang menyampaikan, pihak sekolah sangat mendukung minat dan bakat siswa. Adli merupakan siswa SDN Mekar Bakti. Bentuk dukungan sekolah pada bakat dan minat siswa dibuktikan dengan adanya 15 Ekstrakulikuler pada tahun ajaran ini.

“Kita sebagai guru selalu mengarahkan kepada semua siswa untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang sifatnya positif. Seperti mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah maupun ikut klub olahraga yang ada di lingkungan masyarakat. Sekolah akan mendukung secara penuh anak-anak yang berprestasi seperti Adli,” tuturnya. 

Sementara itu Suhenrik, Pelatih KONI Kabupaten Tangerang mengatakan, Adli bergabung pada Februari 2022. Program latihan yang diberikan saat ini berupa kecepatan. Untuk prestasi yang ditargetkan kepada Adli adalah masuk kompetisi O2N. Setelah itu dilanjutkan pada ajang OPDA.

Sebagai informasi, Sirkuit Atletik Championship 2023 yang digelar di Lintasan Atletik Indomilk Arena 2023 diikuti oleh 684 peserta. Sirkuit ini dilaksanakan untuk tiga nomor pertandingan. Pertama adalah nomor 60 meter untuk peserta Sekolah Dasar (SD), yang kedua nomor 80 meter buat peserta Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan ketiga adalah nomor 100 meter untuk peserta Sekolah Menengah Atas (SMA).

Dari antusiasme banyaknya peserta yang mengikuti kegiatan tersebut, Kabupaten Tangerang optimis akan terpantau bibit-bibit atlet nomor sprinter yang bisa dilatih untuk menjadi sprinter berprestasi di masa depan. (*)